Menu Tutup

Cara Melakukan Riset Keyword Untuk SEO

Cara Riset Keyword atau Kata Kunci (Keyword Research)

Cara Riset Keyword / Kata Kunci (Keyword Research), analisa keyword adalah satu hal yang pening sebelum. Anda ingin memulai berpromosi di internet atau lebih khususnya melakukan SEO.

Analisa keyword ini sebelumnya cukup mudah, tapi mungkin ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara melakukannya. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara sederhana untuk menentukan keyword atau kata kunci yang akan kita bidik untuk website yang kita miliki, Berikut adalah penjelasannya.

1. Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, mengenal terlebih dahulu apa produk yang Anda jual atau topik dari website tersebut. Hal ini sangat penting karena trafik atau pengunjung yang kita inginkan adalah pengunjung yang benar-benar tergated, lebih baik trafik cukup tapi 80% akan membeli daripada trafik banyak hanya lewat saja.

Baca Juga : Pengertian SEO Off Page Beserta Cara Optimasinya

Mengenal produk yang saya maksudkan adalah, pelajari lebih dalam tentang apa kekurangan dan kelebihan dari prduk yang Anda jual (jangan untuk mempersiapkan solusi kekurangan nya). Hal tersebut bisa anda tambahkan ke list keyword nantinya. Sebagai contoh, layanan yang kita jual adalah jasa pembuatan website murah, kelebihan layanan ini adalah harga murah dan gratis optimasi (SEO) penawaran ini terbatas.

Maka keyword yang bisa Anda tambahkan adalah Jasa Pembuatan Website Harga Termurah, Gratis Optimasi (SEO) mungkin anda bertanya mengapa saya, menuliskan harga paling murah dan gratis optimasi di mesin pencari?, jawaban nya sangat simple. Kekurangan sebenarnya bisa kita jadikan senjata ampuh apabila kita mengerti bagaimana cara mengatasinya, sebagai contoh anda membuat di dalam website anda. Gratis Optimasi hanya berlaku hari ini dan lainnya.

2. Analisa Kompetitor

Pelajari situs web kompetitor Anda, banyak orang yang merasa enggan untuk mengunjungi website kompetitor mereka. Tahukah anda bahwa silahturahmi akan meningkatkan kelebihan kita. Hal ini juga berlaku di dunia internet, dengan mengunjungi situs web kompetitor anda, maka anda akan melihat apa saja yang sedang ramai disana.

3. Survei Midset User

Lakukan survei ke temen-temen, saudara Anda. Tanyakan kata-kata apa yang sering mereka gunakakan untuk mencari sesuatu (topik produk atau website anda) di search engine seperti Google. Langkah ini dinilai lebih efektif dari pada menggunakan tools yang ada di internet.

4. Menganalisa Midset User

Belajarlah untuk menganggap diri anda adalah calon pembeli, dengan mengembangkan pola pikir seperti ini. Maka secara tidak langsung anda sedang belajar bagaimana meningkatkan kualitas dari situs web yang Anda miliki.

5. Memanfaatkan Tools

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah, dengan menggunakan tools (langkah ini adalah langkah terakhir yang biasa saya lakukan). Menganalisa keyword, dengan menggunakan tools tidak ada yang sepenuhnya efektif. Perhitungkan stats pada tools tersebut adalah apabila website kita berada di posisi teratas daan trafik aslinya hanya 10 – 30% dari stats yang ditampilkan.

Sebagai contoh, apabila sebuah keyword menunjukan stats trafik 350 per hari, maka yang aslinya hanya sekitar 30+ saja.

Tools yang Anda bisa gunakan antara lain adalah, Google Keyword Planner, alexa.com, keywordtool.io, Ahrefs, Semrush.

Jika anda membutuhkan layanan Jasa SEO, kami dari gosatu.com sebagai seo partner. Anda tidak perlu khawatir mengenai keyword research, karena tim kami akan membantu menganalisanya hubungi (082277882881). Semoga bermanfaat 🙂

Rekomendasi